Kandungan Kimia Daun Jati Belanda

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda – Daun Jati Belanda (dalam bentuk ekstrak air, ekstrak etanol, dan fraksi aktif steroid) terhadap kadar lipid darah (TPC, trigliserida, LDL, dan HDU high density lipoprotein). Penelitian menggunakan kelinci sebagai hewan percobaan pada empat kelompok perlakuan. Masing-masing kelompok terdiri atas lima ekor.

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda yang alami yang ada di dalam 3 bentuk diantaranya ekstrak air, ekstrak etanol dan fraksi aktif steroid yang berpengaruh terhadap kadar lipid darah (TPC, trigliserida, LDL, dan HDL). Pada kadar TPC, LDL, dan trigliserida pada perlakuan kontrol ( tanpa pemberian daun jati belanda ) terlihat sangat tinggi (berbeda nyata) dibandingkan dengan kadar TPC, LDL, dan trigliserida yang diberi perlakuan daun jati belanda. Fakta ini menunjukkan adanya penurunan kadar TPC, LDL, dan trigliserida akibat pemberian daun jati belanda pada 62 % ekstrak etanol, 55 % ekstrak air, dan 36 % fraksi aktif steroid.

Sedangkan pada daun kemuning mengandung unsur kimia cadinene, methyk-anthranilate, bisabolene,ß-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guiazulene, osthole, paniculatin, tanin dan coumurrayin. Kulit batang mengandung mexotioin, 5 – 7-dimetoxy-8-(2,3-dihydroxyisopenthyl) coumarin. Sedangkan bunga kemuning mengandung scopoletin, dan buahnya mengandung semi-a-carotenome.

Oleh karenanya karena Kandungan Kimia Daun Jati Belanda tersebut, daun kemuning dapat berkhasiat sebagai obat, baik pada bagian daun, ranting, akar dan kulit batang. Daun kemuning juga bermanfaat sebagai pemati rasa ( anestesia), penenang ( sedatif ), antiradang, anti-rematik, anti-tiroid, penghilang bengkak, memperlancar sirkulasi darah dan menghaluskan kulit.

Daun Jati belanda merupakan salah satu jenis tanaman herbal alami yang bisa membantu dalam proses pembentukan lemak, membantu menguruskan dan melangsingkan badan. Buah jati belanda juga sangat baik dalam membantu mengobati penyakit diare dan juga penyakit batuk. Sedangkan pada kulit batangnya sangat cocok digunakan unutk tonikum dan juga sebagai obat lepra dan juga untuk penyakit herpes. Dan secara pengalaman empiris, beberapa jenis tanaman obat yang sudah banyak digunakan untuk membantu menurunkan bobot badan diantaranya adalah buah matang mengkudu, buah matang nanas, dan juga daun jati belanda serta buah delima, dan rimpang temu giring serta rimpang bangle.

Daun jati belanda merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai batang agak keras dan juga bercabang dengan bentuk kayu yang bulat dengan permukaan batangnya yang agak kasar, serta warnanya yang cokelat dan juga kehijauan. Daun jati belanda biasanya berbentuk seperti bulat telur dengan warna hijau dengan pinggiran yang agak bergerigi, permukannya agak kasar, ujungnya runcing dan juga pangkalnya yang agak berlekuk. Selain itu pertulangan pada jati belanda berbentuk menyirip berseling dan ukuran panjangnya sekitar 10-16 cm dan juga serta lebarnya sekitar 3-6 cm. Selain itu, bunganya yang berwarna kuning, baunya yang agak wangi dan juga mempunyai titik merah dibagian tengah, bentuknya yang mayang dan biasanya muncul pada bagian ketiak daun.

Kunci pepet disebut Kaempferia angustifolia Rosc atau Kaempferiaundulata T & B. Kunci pepet merupakan famili tumbuhan Zingiberaceae atau yang biasa dikenal dengan nama daerah kunci penat. Kunci pepet mengandung unsur kimia, diantaranya : alkaloida, saponin, flavonoida, polifenol dan minyak atsiri. Kunci pepet memiliki rasa sepat, agak pahit, adstringent, anti diare dan anti-disentri. Bagian tumbuhan kunci pepet yang dapat dimanfaatkan adalah rimpang dan bunga.

Jati belanda, kemuning dan kunci pepet ini merupakan herbal yang banyak digunakan sebagai obat alami penurun berat badan, mengeluarkan angin dari perut, haid tidak teratur, mengobati bisul, bengkak, keputihan dan lain sebagainya. Daun jati belanda dapat diolah menjadi serbuk, kapsul atau pemanfaatan dengan daun jati belanda sebagai teh pelangsing tubuh.

Manfaat Jati Belanda

Manfaat Kandungan Kimia Daun Jati Belanda adalah :

1. Untuk meredakan radang pada buah zakar :

Bahan yang diperlukan :

9 lembar daun kemuning yang segar, 35 gr daun sambiloto

Cara membuat :

Cuci bersih daun kemuning dan daun sambiloto tambahkan 3 gelas air, rebus hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas air. Setelah dingin disaring, lalu minum ramuan tersebut 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan atau konsumsi ramuan tersebut secara berulang sampai sembuh.

2. Untuk mengatasi infeksi saluran kemih

35 gr daun kemuning dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 1 gelas, setelah dingin saring lalu minum 3x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Untuk mengatasi haid tidak teratur

Bahan yang diperlukan :

1/2 genggam daun kemuning dan daun pacar kuku ( lawsonia inermis ), 1 ruas jari rimpang temulawak

Cara membuat :

Cuci semua bahan tersebut kemudian potong-potong rimpang temulawak seperlunya, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas air, setelah dingin lalu saring. Diminum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

4. Untuk kulit kasar

30 gr daun kemuning segar, lalu tumbuk halus, lalu tambahkan sedikit air aduk rata. Kemudian balurkan pada kulit seperti memakai lulur. Baik digunakan sebelum tidur.

Tambahan :

– Diluar negeri bahan – bahan herbal diatas telah dipatenkan dengan nama Tongzhongling
– Jika anda pernah mendengar kapsul prolipid juga menggunakan herbal diatas

Kandungan Kimia Daun Jati Belanda

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN JATI BELANDA

Daun Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Berlebih, Mengurangi Lemak dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Harga 1 Botol Kapsul Daun Jati Belanda Isi 45 Kapsul = Rp.95.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Jati Belanda, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )


=====================================

>>> Kapsul Daun Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Berlebih, Mengurangi Lemak dan Menurunkan Kadar Kolesterol, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Jati Belanda and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>