Herbal Daun Jati Belanda, Kemuning dan Kunci Pepet

Indonesia merupakan salah satu negara Asia yang banyak memiliki kekayaan alam yang berlimpah apapun ada di negeri ini, sampai tumbuhan herbal yang kini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dari zaman dahulu, memang tanaman herbal memiliki kepercayaan yang cukup tinggi sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam bentuk penyakit baik dari dalam maupun luar tubuh. Menurut data yang diperoleh Indonesia kini memiliki lebih dari 17.000 jenis tumbuhan atau tanaman herbal yang sudah banyak dimanfaatkan baik oleh masyarakat itu sendiri maupun para produsen penghasil obat-obat herbal.

Tumbuhan herbal tidak hanya digunakan sebagai pengobatan semata, namun juga digunakan sebagai pencegahan, pemulihan kondisi dan stamina serta pemanfaatan sebagai bahan baku kosmetika. Adapun tanaman herbal yang kini sudah banyak dimanfaatkan adalah Daun Jati Belanda, biasanya masyarakat jawa menyebutnya “jati londo” untuk menurunkan berat badan atau dalam bahasa jawa disebut “singset”.

Daun Jati Belanda (Guazuma ulmifolia)

Daun jati belanda dalam bahasa ilmiah disebut juga Guazuma ulmifolia dalam bahasa inggris disebut bastard cadar, yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a. Daun jati belanda merupakan tumbuhan tropis, termasuk dalam kelompok Dicotyledonae, dalam famili Sterculiaceae.

b. Merupakan tanaman yang berasal dari Amerika yang memiliki iklim tropis.

c. Jati belanda dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 800 mdpl

d. Pohon berbatang keras bercabang

e. Berkayu bulat dengan permukaan batang yang kasar, berwarna coklat kehijauan

f. Daunnya berbentuk bulat telur berwarna hijau dengan pinggiran bergerigi, permukaan kasar, ujung runcing, pangkal berlekuk, pertulangan menyirip berseling, dan berukuran panjang 10-16 cm serta lebar 3-6 cm

g. Bunganya berwarna kuning, berbau harum, memiliki titik merah di bagian tengah, berbentuk mayang dan muncul di ketiak daun

h. Buah berbentuk bulat, keras dengan lima ruang, jika buah masih muda berwarna hijau, jika sudah tua berwarna cokelat kehitaman.

i. Tanaman jati belanda dapat dimanfaatkan, apabila tanaman tersebut telah berusia 2-3 tahun dan akan berubah kurang lebih 5-6 tahun.

Selain daun jati belanda, daun kemuning dan daun kunci pepet juga dapat dimanfaatkan sebagai obat menurunkan berat badan. Daun kemuning dan daun kunci pepet ini merupakan gabungan dari komposisi obat pelangsing dalam sebuah kemasan produk obat penurun berat badan.

Daun Kemuning ( Murayya paniculata )

Daun kemuning juga dapat dimanfaatkan sebagai obat menurunkan berat badan, radang buah zakar (orchitis), radang saluran napas (bronkhitis), Infeksi saluran kencing, kencing nanah, keputihan, sakit gigi, Haid tidak teratur, lemak tubuh berlebihan, pelangsing tubuh, Nyeri pada tukak (ulkus), kuli kasar, memar akibat benturan, Rematik, keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, ekzema, bisul, koreng, epidemik encephalitis B, luka terbuka di kulit.

Daun kemuning memiliki sebutan lainnya diantaranya kamuning (Sunda), kemuning, kumuning (Jawa), kajeni, kemuning, kemoning (Bali), kamoneng (Madura), Kamuning (Menado, Makasar), kamoni (Bare), palopo (Bugis). Kamuni (Bima). eseki, tanasa, kamone, kamoni (Maluku). Jiu li xiang, yueh chu (China), Orange jessamine (Inggris).

Daun Kunci Pepet ( Kaemferia augustifolia )

Herbal kunci pepet banyak ditemukan di bagian timur jawa, dan sumatera, selain itu tanaman kunci pepet ini juga terdapat dibeberapa negara bagian Asia, seperti India, Srilanka dan Malaysia. Kunci pepet memiliki ciri, seperti :

a. Tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian 750 mdpl

b. Tinggi tanaman sekitar 30-70 cm

c. Berdaun semu yang tumbuh dari rimpangnya dengan daun tunggal, helaian daun berbentuk lanset, panjang daun 20-30 cm,lebar daun 7,5-10 cm, ujung runcing, pangkal berpelepah, tepi rata, berwarna hijau muda dengan bagian tengah bercorak warna cokelat.

d. Bunga keluar dari rimpamg dengan batang semu yang cukup pendek, bunga tumbuh dengan bergerombol, sering bermekaran dengan beberapa kuntum sekaligus, warna bunga ungu muda kemerahan

e. Akarnya berdaging membentuk rimpang tidak terlalu besar, kira-kira ukurannya seperti telur puyuh, jika rimpang dibelah akan terlihat warna putih pucat, berserat halus dan rasanya pahit. Jika telah keluar bunga, menandakan rimpang siap untuk dipanen.

f. Umbi dari tanaman daun kunci pepet ini dapat dijadikan lalapan.


=====================================

>>> Kapsul Daun Jati Belanda Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Berlebih, Mengurangi Lemak dan Menurunkan Kadar Kolesterol, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Jati Belanda and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>